Day 7 of The Magic


Dedicated to you

May The Magic open up a new world for you, and bring you joy for your entire existence.

That is my intention for you, and for the world.



The Magic, buku terbaru dari Rhonda Byrne. Terdapat 28 hari yang disajikan oleh Rhonda Byrne untuk kita renungkan dan terapkan dalam 28 hari secara berturut-turut. Jujur saja, saya belum sempat membaca semua isi buku ini. Jadilah saya hanya membaca-baca beberapa halaman terdepan. Saat membaca judul-judul dari setiap hari, terdapat satu judul yang sangat mengena untuk saya, yaitu pada hari ketujuh.

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Hari 7

CARA AJAIB UNTUK KELUAR DARI NEGATIVITAS

"Seseorang yang bersyukur akan bersyukur dalam situasi apa pun." 
-Baha'u'llah, pendiri kepercayaan Baha'i dari Persia-


Terlepas dari apakah itu relasi yang sedang goyah, tekanan keuangan, kurangnya kesehatan, atau masalah di pekerjaan, situasi negatif muncul karena kurangnya syukur dalam jangka waktu yang lama. Jika kita tidak bersyukur atas setiap hal di dalam hidup kita, dengan tidak sengaja kita menyepelekan hal-hal itu. Menyepelekan adalah penyebab utama negativitas, karena ketika kita menyepelekan, kita tidak bersyukur dan kita menghentikan terjadinya keajaiban dalam hidup kita. Sama seperti berterima kasih kepada orang lain akan selalu menjuruskan ke peningkatan hidup, begitu pula menyepelekan akan selalu menjuruskan ke penurunan hidup. Apakah Anda bersyukur atas kesehatan Anda ketika kesehatan Anda sedang bagus? Atau Anda hanya memperhatikan kesehatan ketika tubuh Anda sakit atau terluka? Apakah Anda bersyukur atas pekerjaan Anda setiap hari, atau apakah Anda hanya menghargai pekerjaan Anda ketika Anda mendengar akan dilakukan penciutan tenaga kerja? Apakah Anda bersyukur atas gaji atau upah Anda setiap kali menerimanya, atau menyepelekan gaji atau upah Anda? Apakah Anda bersyukur atas orang-orang yang Anda cintai ketika segalanya berjalan dengan mulus, atau Anda hanya membicarakan orang-orang yang Anda cintai dengan orang lain ketika sedang ada masalah? Apakah Anda bersyukur ketika mobil Anda sedang berjalan dengan baik? Atau Anda hanya memikirkan mobil Anda ketika ia mogok? 

Apakah Anda bersyukur atas hidup Anda setiap hari? Atau Anda menyepelekan hidup Anda?

Menyepelekan segalanya akan menghasilkan keluhan, pikiran dan kata-kata negatif. Jadi ketika kita mengeluh, menurut hukum tarik-menarik, kita pasti mendatangkan lebih banyak hal yang bisa kita keluhkan ke dalam hidup kita!

Jika kita mengeluhkan cuaca, lalu lintas, bos, pasangan, keluarga, teman, orang asing, mengantre, tagihan, ekonomi, biaya sesuatu, atau layanan sebuah perusahaan, kita tidak bersyukur, dan kita mendorong kehidupan impian kita menjauh bersamaan dengan setiap keluhan. Sekarang Anda mengerti bahwa keluhan, pikiran dan kata-kata negatif, serta menyepelekan akan menghentikan hal-hal yang baik mendatangi hidup Anda. Sekarang Anda mengerti bahwa ketika sesuatu menjadi tidak beres, berarti Anda tidak cukup bersyukur meski tanpa sengaja.
 

Mustahil menjadi negatif ketika kita bersyukur. Mustahil mengkritik dan menyalahkan ketika kita bersyukur. Mustahil merasa sedih atau memiliki perasaan negatif ketika kita bersuykur. Dan kabar terbaiknya adalah jika kita memiliki situasi negatif di dalam hidup kita saat ini, tidak diperlukan waktu yang lama untuk mengubahnya dengan syukur. Situasi negatif akan menghilang dalam satu tiupan - persis seperti sulap!

Meski sulit, pertama-tama kita harus mencari hal-hal yang bisa disyukuri di dalam situasi negatif itu. Terlepas dari betapa buruknya keadaan, kita selalu bisa menemukan sesuatu untuk disyukuri, terutama ketika kita tahu bahwa syukur akan dengan ajaib mengubah setiap situasi negatif. Walt Disney, yang mengenal keajaiban sesungguhnya dari hidup, menunjukkan bagaimana cara melakukan hal ini di dalam filmnya, Pollyanna.


Film Pollyanna produksi Disney tahun 1960 menampilkan "Permainan Gembira", yang berdampak besar pada saya ketika saya masih kecil. Saya memainkan Permainan Gembira yang ditayangkan oleh film itu di sepanjang masa kanak-kanak dan remaja. Untuk memainkan Permainan Gembira, Anda mencari sebanyak mungkin hal untuk dirasakan gembira, terutama di dalam situasi negatif. Menemukan hal-hal untuk digembirakan (atau menemukan hal-hal untuk disyukuri) di dalam situasi negatif akan memunculkan jalan keluar! Walt Disney menunjukkan daya ajaib dari syukur di dalam Pollyanna, dan ribuan tahun sebelumnya Buddha telah menunjukkan cara untuk menggunakan daya ajaib yang sama ketika ia berkata:

"Marilah kita bangun dan bersyukur, karena jika kita tidak banyak belajar pada hari ini, setidak-tidaknya kita belajar sedikit, dan jika kita tidak belajar sedikit, setidak-tidaknya kita tidak sakit, dan jika kita menjadi sakit, setidak-tidaknya kita tidak mati; jadi marilah kita bersyukur." 
-Siddhartha Gautama-

Ingatlah, Anda bisa tahu bahwa syukur sedang bekerja melalui cara Anda merasa. Setelah mempraktikkan syukur, seharusnya Anda merasa jauh lebih baik tentang situasi Anda. Bukti pertama dari bekerjanya daya ajaib syukur adalah perasaan Anda terangkat. Jadi, ketika Anda merasa lebih baik, Anda tahu situasi akan membaik dan jalan keluar akan muncul. Jawaban untuk apa pun situasi negatif yang ingin Anda selesaikan adalah memfokuskan syukur yang terkonsentrasi pada situasi itu sampai Anda merasa lebih baik di dalam diri; lalu Anda akan melihat keajaiban terjadi di dunia luar.

Comments

Popular posts from this blog

Thursday, 11th Week

Thursday, 9th Week

Monday, 12th Week