Thursday, 3rd Week

Hari kamis lalu, tanggal 28 Februari 2013, merupakan kuliah tamu dimana yang memberikan materi bukan hanya dosen, tetapi juga senior. Kelas yang diberikan materi juga merupakan kelas gabungan antara PSI D dan PSI C. Dalam kesempatan kali ini, mas Yoga dan mas Dana menjelaskan tentang tugas akhir dari senior yang bernama mas Dustin. Tugas akhir mas Dustin membahas tentang Dashboard. Pertama kali mendengar kata dashboard, yang ada dipikran saya adalah dashboard yang ada di mobil. Ternyata bukan hal yang seperti itu, yang bisa saya tangkap disini, dashboard merupakan sebuah tampilan panel yang dibuat oleh sebuah software komputer dengan tujuan menampilkan informasi yang mudah untuk dibaca.

Terdapat tiga macam tipe dashboard, yaitu:
  1. Strategical
  2. Tactical
  3. Operational
Sebuah dashboard dapat dikatakan dashboard jika telah memenuhi ciri: simple, mudah dipahami, tidak ada distorsing informasi, komunikatif, dan tidak membingungkan. Bu Vivin menjelaskan bahwa dalam pemberian warna tidak boleh sembarangan, terdapat ketentuan warna yang sebaiknya digunakan, karena jika sembarangan akan membahayakan orang yang membaca.

http://inuk.blog.binusian.org/files/2010/11/products_itgrc_dashboard-re2.jpg 
contoh dashboard 

Setelah memberikan penjelasan, kami disuruh berkelompok dan membuat sebuah grafik dari data Olympic lalu mempresentasikannya ke depan kelas.

Comments

Popular posts from this blog

Thursday, 11th Week

Thursday, 9th Week

Monday, 12th Week