Kartini's Day


Tanggal 21 April mengingatkan kita semua dengan sosok perempuan pelopor emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini. Beliau merupakan salah satu dari Pahlawan Nasional Indonesia. Lahir dari keluarga bangsawan pada 21 April 1879 di Jepara. Siapa sih yang tidak tahu bagaimana perjuangan R.A. Kartini dalam membela hak wanita? Beliau memperjuangkan hak wanita agar dapat memperoleh pendidikan yang sejajar dengan kaum pria. Nasib kaum wanita yang saat itu penuh dengan kegelapan, jauh dari segala harapan, dan wanita diperlakukan tidak lebih dari seorang pengurus rumah tangga saja, kaum wanita telah dirampas dan diinjak-injak harkat dan martabatnya sebagai manusia. Dengan keadaan seperti ini, daya berpikir kaum wanita tidak dapat berkembang, tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan dirinya sebagaimana mestinya. Kaum wanita tidak diberi kesempatan untuk belajar membaca, menulis dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa kaum wanita hanya mempunyai kewajiban, tidak mempunyai hak sama sekali.

Beliau pernah berkata, “Kita harus membuat sejarah, kita mesti menentukan masa depan kita yang sesuai dengan keperluan serta kebutuhan kita sebagai kaum wanita dan harus mendapat pendidikan yang cukup seperti halnya kaum laki-laki.”

R.A. Kartini berupaya meningkatkan kecerdasa kaum wanita melalui berbagai sarana pendidikan dengan tidak memandang tingkat dan derajat, apakah itu bangsawan atau rakyat biasa. Semua mempunyai hak yang sama dalam segala hal, beliau juga memperjuangkan persamaan hak antara kaum laki-laki dan wanita, tidak boleh ada perbedaan. Beliau juga yakin bahwa bangsa Indonesia tidak akan maju tanpa kaum wanita. Inilah perjuangan Raden Ajeng Kartini yang telah berhasil memberikan kehidupan yang lebih layak untuk kaum wanita dan yang telah mengangkat derajat wanita.

Raden Ajeng Kartini merupakan tokoh wanita yang akan selalu menjadi inspirasi sepanjang masa. Perjuangan dan semangat hidupnya tidak akan pernah lekang oleh waktu. Kita, sebagai generasi penerus bangsa, harus melanjutkan perjuangan R.A. Kartini dengan memberi kontribusi nyata dalam setiap aspek kehidupan.



Happy birthday, R.A. Kartini! You've brighten up the whole world!



Comments

Popular posts from this blog

Thursday, 9th Week

Monday, 12th Week

Thursday, 11th Week